Maaf, kalau sudah basi.

Tanggal 25 Desember jam 07 pagi waktu London dan sekitarnya, release Joomla 1.0.12 dibuka kepada publik.

Saya teh agak heran. Sunfire, code name untuk Joomla release terakhir versi 1.0.xx tidak ada reviewnya dalam bahasa Indonesia. Mungkin karena:
a. Mas Kemas lagi sibuk tahun baruan, dan ngajak-ngajak Apung beserta Mas Adhi dan Andi. Jadi para dewa Joomla Indonesia tersebut diam-diam saja. Hehehe.
b. Para jagowan-jagowan Open Source masih kecapekan tahun baru
c. Saya sudah terlalu sok tahu, sehingga menulis review Joomla sebelum mereka mulai… hehehe

Menurut RobS, salah seorang core developernya, terdapat kurang lebih 140 bugs yang sudah diperbaiki. Beberapa lubang kemanan yang sifatnya tidak terlalu berbahaya juga sudah dibuat lebih yahud sekuritinya. Lalu ada sistem audit menyeluruh terhadap SQL queries (dijamin para blackhat makin susah nginjeksi SQL nya, hehe). Yang paling hebat adalah, terdapat pembaharuan pada sistem SSL switchover.

Maaf, kalau bahasa diatas sama sekali tidak bisa dimengerti oleh yang tidak mengerti. Saya coba alihkan ke ‘Bahasa Indonesia’ deh.

Menurut Rob Schley, salah seorang pengembang Joomla. Saat ini, Joomla sudah memasuki tahap akhir pengembangannya.Namun ini adalah tahap akhir pengembangan Joomla versi 1.0. Hingga tulisan ini diturunkan, para pengembang Joomla akan berkonsentrasi pada Joomla versi 1.5.

Apa yang menarik dari versi akhir Joomla 1.0.xx yang mempunyai nomor seri 1.0.12 dan mempunyai kode sandi panggilan SUNFIRE?
Yang menarik adalah banyak sekali bugs-bugs alias kode yang tidak semestinya telah dirapihkan. Selain itu, tingkat keamanannya juga dibuat lebih tinggi. Sehingga membuat para black hat, yaitu cracker yang mencoba merusak/vandalisme ke dalam web berbasis Joomla, menjadi lebih susah bergerak (*Amin yaa robbal alamin*).

Sunfire, selain kemampuan diatas, juga mempunyai kemampuan untuk mendukung perpindahan antara HTTP/HTTPS. Apa gunanya fasilitas ini? Gunanya adalah memudahkan pengguna Joomla untuk mengamankan halaman-halaman yang mempunyai transaksi data-data penting. Misalnya; transaksi belanja online atau internet banking.

Pada Sunfire, topic HELP telah dirapihkan dan ditambahkan sekitar 160 topic lagi yang krusial. Amat baik bagi pemula yang mau belajar. Selain itu, beberapa gramatika bahasa Inggris telah disempurnakan, misalnya perintah _SUBMIT_BUTTON sama dengan submit dalam bahasa Inggris. Lalu, fasilitas editor untuk menulis content isi, yaitu TinyMCE juga diupgrade ke versi 2.0.8, versi terakhir.

Fasilitas lainnya adalah, halaman offline, kini diganti, khusus menjadi “offline.css”. Lalu, zona waktu publish menulis juga diperbaiki. Jadi misalnya saya menulis di Uganda, dengan memakai waktu Uganda, sementara markas besar websitenya ada di Lamongan, maka waktu Uganda akan menyesuaikan dengan waktu Lamongan. Jadi Ustadz Basir dan Idi Amin bisa saling korospondensi… hebat kan? Dan nggak nyambung pula, hehe.

Untuk download Joomla 1.0.12, bisa di download di sini.

Selamat menikmati.