Sudah satu bulan akhirnya saya nge-blog. Alhamdulillah. Sukur. Masih dikasih jari oleh Yang Maha Kuasa untuk mengetik.

Saya terhenyak, membaca tulisan blognya kang Helgeduelbek dalam cara blog dan evaluasi blog. Isi tulisan tersebut, mengajak saya me-review beberapa tulisan-tulisan selama satu bulan ini.

Dua malam, saya mencoba memahami kecenderungan dan arah tulisan saya. Akhirnya saya berani menyimpulkan, bahwa saya seperti terlihat menulis dua bagian saja. Pertama mengenai manusia, spesifiknya adalah manusia Indonesia. Yang kedua, saya menulis mengenai bidang IT di open source disain.

Bidang IT open source disain, yang akan di spesifikasi lagi menjadi open source webdesign dan webdeveloping. Akan saya kerjakan dengan bantuan Hamba Allah yang berminat (*misalnya ilmu komputer dot ORG*). Selain itu, untuk membantu seniman-seniman digital muda Indonesia. Saya akan menerbitkan tulisan-tulisan serta karya-karya mereka dalam projek lillahi ta’ala yang bernama IDAG, singkatan dari Indonesia Digital Artist Gallery.

Tetapi mengenai Blog ini, akhirnya saya mengambil keputusan. Blog ini, Blog Arif Kurniawan as Bangaiptop, dimodifikasi, dengan hanya menulis mengenai manusia Indonesia dan segala kontroversinya. Entah mengenai tokoh, mengenai bahasa, mengenai gerakan budaya, mengenai tulisan… yang penting, adalah mengenai Indonesia.

Saya bukan Indonesianis. Namun menjadi orang Indonesia nampaknya adalah satu-satunya karir saya yang paling lama. (*hah, karir? hehe*). Sejak saya lahir…, hingga saat ini…, saya adalah orang Indonesia. Maka itu, saya akan  menulis mengenai orang Indonesia saja.

Walaupun menulis dan mempelajari orang Indonesia itu bukanlah hal yang mudah. Saya akan terus berusaha.  Menjadi ahli dalam bidang orang Indonesia, adalah salah satu cita-cita saya. Semoga keahlian tersebut dapat berguna/digunakan oleh banyak pihak.

Apabila saya salah dalam menafsirkan orang Indonesia… yaaa maaf. Wong, namanya  juga lagi belajar, hehe.  Apalagi kacamatanya amat bias sekali. Semuanya dinilai dari kacamata saya pribadi. Bias itu, Insya Allah, akan ditolong oleh teman-teman semua yang mbaca blog ini, dengan komentar-komentar yang isinya kritikan yang membangun (*nyela juga gapapa deh, hehe*).

Saya amat mengindari, tulisan-tulisan di blog ini menjadi semacam jurnal pribadi yang isinya nggak karuan. Apabila tulisan-tulisannya sudah agak melenceng. Mohon pembaca, agar meluruskannya. Toh, kita dikasih umur ama rejeki kesehatan bisa ngetik kan salah satunya untuk saling menasihati.

Dengan segala keberanian dan tanggung-jawab pula, saya nobatkan, hari ini menjadi hari kelahiran Blog saya.

Blog ini adalah putera saya…. Sementara saya, adalah ayahnya…Hehe