Udin Petot makin menggila. Sejak dilihat bahwa banyak orang yang tertarik menanggapi pertanyaannya mengenai lagu Indonesia paling romantis. Kini ia bertanya lagi. Lagi-lagi pertanyaan yang ia lontarkan, saya rasa cukup ajaib. Baru saja saya chat bersamanya.

Saya nongkrongin chat room sebab sedang mencari programer ASP untuk proyek terbaru. Sialnya, tidak ada seorangpun programer kenalan yang online. Yang ada, malahan Udin Petot, yang bertanya;

+ “Bang, kapan, dimana, dan gimana enaknya untuk menyatakan cinta?”
– “Yee bocah. Pertanyaan lo yang soal lagu romantis Indonesia udah dijawab tuh ama banyak orang. Terimakasih dulu dong”

Sebenarnya saya tidak enak juga sih memaksa Udin. Seharusnya ucapan terimakasih itu sifatnya kan sukarela. Dan terimakasih yang ikhlas adalah doa yang luar biasa.

Tapi sebagaimana sikap seorang teman yang baik. Selayaknya, ketika temannya lupa, yaa diingatkan. Maka itu, saya coba untuk mengingatkan Udin.

Nah, tadi barusan siang ada email. Ini saya copy paste dari inbox penerima email saya. Ini pesan dari Udin Petot.

“Terimakasih temen-temennya Bang Aip. Saya akan manggung nanti jam 7 malem. Hari valentine. Di depan kantor karang taruna. Saya akan bawain beberapa lagu yang diusulkan bangaip, kangguru, phyrrho, aureliaclaresta, errander, citra dan titiw. Bukannya yang lain saya nggak mau. Tapi nggak ada kasetnya. Terimakasih atas idenya. Doain saya bisa jadian abis nembak doi.
Bang, bantuin dong. Gue kepengen banget nih pacaran. Udah ngebet gua nih. Bosen jomblo mulu. Kali-kali aja gue bisa dapet jodoh orang bener terus kawin. Kayak solikin gitu lah. Bantuin dong!”

Hehe. Saya cengar-cengir bacanya.

Akhirnya, satu jam saya habiskan untuk tanya-tanya kiri kanan. Pada teman-teman yang online. Pertanyaan yang simpel tapi susah jawabnya:

“Bagaimana cara terbaik dalam menyatakan cinta?”

Saya kebingungan menjawabnya. Emangnya saya pakar cinta? Kenapa tiba-tiba orang-orang jadi pada romantis begini? Gimana menjawabnya?

Ya sudah, mumpung masih di chat room. Saya tanya beberapa teman yang sedang online. Ini ada beberapa jawaban buat Udin. Saran dari Bommal, Iin, Siwi dan beberapa teman lainnya.

Sebelum menjawab, semuanya bertanya, “Temen lo cewek apa cowok, Rip“.

Saya jawab, “Cowok

Tipe cewek yang mau dia tembak gimana? Romantis, cuek, apa gaul abis?

Wah mana gue tau. Yang mau dia tembak cewek atau cowok aja gue ngga tau

Nah teman-teman saya kebingungan juga nih. Wah saya jadi nggak enak. Gara-gara si Udin Petot, semua orang kebingungan. Tapi untunglah teman-teman saya orang baik. Jadi pula akhirnya mereka memberikan beberapa tips. Saya catat baik-baik.

Dan kebetulan, ini ada beberapa diantaranya;

1. Pakai Mawar

Katakan cinta dengan mawar. Paling bagus dan romantis, berikan mawar di tepi pantai ketika matahari terbenam.

2. Di tepi sawah

Ungkapkan cinta di tepi saung. Di pinggir sawah. Ketika hujan gerimis mulai turun. Sungguh amat romantis. Dan jangan lupa, dilakukan pada pagi hari. Agar lebih syahdu. (*Teman saya yang memberikan tips ini adalah seorang petani*)

3. Kalau niatnya mau menikah, pakai basa-basi dengan kalimat ini

“Kita punya kesempatan buat ngejalanin hubungan ini kearah yg lebih serius. Kamu mau gak ngejalanin bareng saya? Kalau kamu mau, kita luruskan niat, Bismillah, mudah-mudahan membawa berkah untuk bersama”.

Lalu, ketika orang yang anda cinta sudah terlihat mengerjap-ngerjapkan mata karena kebingungan mau bilang apa, lanjutkan dengan kalimat ini “Take it or leave it?”

4. Dengan cahaya lilin

Ajak pasangan yang kamu cintai ke tempat lapang dan tidak terlalu terang untuk makan malam. Kalau tidak punya kebun, loteng rumah yang datar juga bagus. Pakailah pakaian yang bersih dan rapih. Wangi sedikit lebih bagus lagi. Nyalakan banyak lilin. Kalau bisa, seluruh ruangan diterangi oleh cahaya lilin. Putar musik instrumental volume rendah.

Pegang tangannya. Tatap matanya. Dan katakanlah cinta.

5. Piknik di taman kota

Ini cocok buat para pencinta yang bujetnya pas-pasan. Yaitu, ajak pasangan ke taman kota. Bawa keranjang makanan sendiri. Dan jangan lupa kalau bisa bisa main musik, mainkan alat musik di depan pasangan kamu. Setelah itu, bacakanlah puisi cinta. Kalau kamu tidak bisa membuat puisi cinta. Saatnya untuk googling. Carilah puisi cinta yang paling bagus untuk dibacakan di depan orang yang akan kamu tembak. (*ini tips dari teman, mahasiswa merangkap anak kost*)

6. Dengan prestasi

Ketika kamu berprestasi memenangkan sebuah event pertandingan. Nyatakanlah cinta kamu pada si dia yang sedang menonton kamu bertanding. Ketika menang dan ada kesempatan memegang mike. Teriaklah “Aku cinta kamu Yuni!” (*ini saran dari teman saya yang petinju*)

7. Di Alun-alun Suryakencana

Alun-alun suryakencana
adalah nama padang edelweis yang ada di Gunung gede. Nyatakan cinta pada di padang edelweis ini. Pada ketinggian 2750 meter Di atas Permukaan Laut. Matahari atau bintang jadi saksi tak begitu berarti. Karena di padang ini, cinta bagaikan bunga edelweis. Selalu abadi.

Yah, baru segitulah saran yang saya kumpulkan buat Udin Petot. Saya berdoa semoga ia mendapat jodoh yang ia idam-idamkan.

Namun, jelas saja saran-saran yang saya kumpulkan itu tidak seberapa banyaknya. Dan mungkin saja tidak terlalu kondusif dengan kondisi Udin.

Nah pembaca… Maka itu, sekali lagi saya mohon maaf. Lagi-lagi meminta tolong yang sifatnya amat pribadi pada anda. Yaitu sudikah anda kiranya berbagi pengalaman sedikit. Untuk menjawab pertanyaan ini:

“Bagaimana cara terbaik dalam menyatakan cinta?”